Manfaat Temulawak Sebagai Obat Alami

Manfaat Temulawak Sebagai Obat Alami.  Temulawak sudah terbukti menjadi pengobatan tradisional. Banyak sekali yang menggunakan temulawak baik itu temulawak asli maupun dalam bentuk krim sebagai obat anti peradangan dan penyembuhan luka.

Temulawak merupakan tanaman asli Indonesia dengan bentuk mirip dengan kunyit. Temulawak memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza. Pada umumnya jenis tanaman ini memiliki kulit berwarna kuning muda. Temulawak sebgai tanaman monokotil tidak memiliki akar tunggal, dan akar yagn di miliki adalah akar rimpang.

Manfaat Temulawak Sebagai Obat Alami

Bagian yang paling banyak di manfaatkan yaitu akar atau di sebut juga rimpang. Akar atau rimpang inilah yang akan di olah menjadi sebuah obat tradisional, cara untuk mengolahnyapun juga berbeda-beda. Beriktu ini adalah beberapa manfaat dari temulawak yang baik bagi kesehatan.

Manfaat Temulawak Sebagai Obat Alami

1. Menurunkan lemak darah

Temulawak ini mampu untuk menurunkan lemak darah. Dari temulawak ini akan menghasilkan ekstrak temulawak dan juga fungsi kurkuminoid, ini dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

2. Mengatasi masalah sistem pencernaan

Temulawak dapat merangsang produksi cairan empedu di kantong empedu. Hal ini akan membantu pencernaan serta metabolisme makanan dalam tubuh.

Menurut para ahli, temulawak juga mampu untuk mengatasi perut yang kembung, meningkatkan nafsu makan, dan membantu pencernaan tidak lancar.

3. Mengurangi radang sendi

Temulawak mampu untuk mengurangi radang sendi, karena di dalam temulawak  memiliki kandungan kurkumin

4. Menjaga kesehatan ginjal dan hati

Temulawak sangat baik untuk kesehatan hati, fungsi hati dapat terjaga kesehatannya dengan cara mengkonsumsi temulawak. Temulawak juga sangat baik untuk menjaga atau memlihara kesehatan hati, karan temulawak mengandung katagoga.

5. Mengatasi penyakit maag

Temulawak juga dapat unutk mengatasi penyakit maag. Caranya siapkan satu rimpang temulawak, cuci bersih, buang kulitnya, lalu iris-iris menjadi tipis, rebus menggunkan air sebanyak 5 gelas, setelah mendidih diamkan hingga dingin, terakhir selesai dan minum airnya secara rutin.

6. Membantu pengobatan kanker

Temulawak ternyata dapat berguna untuk membantu pengobatan kanker prostat, kangker payudara, dan kanker usus. Menurut riset yang di lakukan pada tahun 2001, manfaat temulawak ternyata dapat menghambat pertumbuhan serta perkembangan kanker prostat.

7. Anti-bakteri dan Anti-jamur

Temulawak ini mengandung beberapa senyawa anti-bakteri dan anti-jamur. Kandungan anti-bakteri yang terdapat pada temulawak mempunyai manfaat utama yang cukup efektif untuk membasmi bakteri Staphylococcus dan Salmonella. Sedangkan senyawa anti-jamurnya mampu untuk menghilangkan jamur dari golongan dermafotia,

8. Obat anti-radang

Kandungan senyawa anti-radang pada temulawak dapat menghambat produksi prostaglandin E2 yang akan memicu peradangan. Karena itu, kandungan anti-radang di dalam temulawak bisa membantu mengatasi penyakit akibat peradangan di dalam tubuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel