Penyebab Perut Kembung Pada Bayi dan Anak-anak

Penyebab Perut Kembung Pada Bayi - Perut kembung adalah kondisi lambung dan usus mengalami penumpukan gas berlebihan dan membuat perut terasa sangat penuh. Bagi bayi mengalami perut kembung adalah hal yang normal dan masih aman bagi bayi. Tetapi di sebagian kasus yang pernah ada dan terjadi kondisi tersebut bisa menjadi pertanda kalau di dalam perut bayi sedang ada masalah dan harus di waspadai.

Penyebab Perut Kembung Pada Bayi dan Anak-anak


Bagaimana cara mengenali perut kembung pada bayi? caranya tergologn cukup mudah, yaitu dengan menekan sedikit di bagian perut si bayi dengan tangan. Jika terasa keras pada bagian perut maka bisa dikatakan si bayi sedang mengalami kembung. Selain itu, anda bisa mengenali tanda kembung pada bayi seperti bayi yang suka sendawa, kentut dan susah buang air besar, hal ini bisa menjadi pertanda kalau bayi sedang mengalami masalah pada perut.

Untuk mengatasi perut kembung pada bayi ini termasuk mudah. Tetapi sebelumnya anda harus mengetahui apa yang menjadi penyebab bayi mengalami kondisi tersebut. Dengan mengetahui dulu penyebabnya maka akan menjadi lebih mudah untuk mengatasi.

Penyebab Perut Kembung pada Bayi dan Anak-anak

Sebuah penelitian telah menyimpulkan kalau bayi dengan usisa 0 sampai 3 bulan dan 6 samapi 12 bulan sangat lebih rentan untuk mengalami masalah pada perut kembung. Ini terjadi karena di usia tersebut saluran pencernaan pada perut bayi belum bisa bekerja dengan sempurna.

Penyebab perut bayi kembung bisa terjadi karena faktor umur. Selain itu, penyebab lain perut kembung pada bayi juga  bisa terjadi karena hal-hal berikut ini yang akan kami bahas.

1. Terlalu lama menangis

Bayi wajar kalau menangis, tapi kalau menangis terlalu lama bisa berdampak butuk terhadap perutnya. Karena ketika bayi menangis terlalu lama udara akan lebih banyak masuk kedalam pencernaan melalui mulut dan akhirnya masalah perut kembung bisa terjadi dan sulit untuk di hindari.

2. Kekurangan cairan

Bayi yang mengalami kurang cairan harian akan membuatnya mudah sekali mengalami sembelit. Kondisi tersebut juga sering di tandai dengan masalah lainnya seperti perut kembung. Bagi anda sebagai oran tua harus bisa mencukupi kebutuhan cairan bagi tubuh sang bayi agar bisa menghindari masalah kesehatan lainnya.

3. Menyusui tidak bagus

Saat menyusui bayi posisi yang tidak bagus bisa memicu udara lebih banyak masuk melalui mulut si bayi. Ini juga yang sering membuat si bayi mengalami masalah perut kembung karena banyak udara yang masuk ke dalam pencernaan.

4. Makanan yand di konsumsi sang ibu

Bagi bayi yang masih meyusu atau meminum ASI langsung dari sang ibu, sebaiknya anda sebagai bunda jaga pola makan dan hindari jenis makanan yang bisa memicu terbentuknya gas di dalam perut seperti sayur kol, brokoli, kacang dan bawang bombay.

5. Mengkonsumsi atau minum sambil bermain

Ketika udara masuk ketika bayi sedang makan dan minum adalah hal yang wajar. Tapi ketika anda memberikan makan atau minum sambil bermain, maka udara yang akan masuk melalui mulut akan cenderung lebih banyak. Apabila hal ini terus terejadi, akan membuat udara menumpuk di dalam pencernaan yang akan memicu perut kembung pada bayi. Dengan kondisi ini juga akan membuat si bayi lebih rentan untuk tersendak.

6. Makanan yang mengandung lemak tinggi

Bayi mempunyai pencernaan yang sangat sensitif terhadap beberapa jenis makanan yang masuk kedalam pencernaan sang bayi. Salah satu penyebab itu adalah makanan yang mengandung lemak tinggi seperti gorengan dan sereal lainnya. Makanan ini juga dapat memicu sang bayi mengalami masalah dalam pencernaan bayi seperti perut kembung.

Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Bayi yang sedang mengalami masalah perut kembung bisa di sembuhkan dengan mudah di rumah dan tidak perlu ke dokter. Tapi sebelum anda menyembuhkan bayi yang terkna perut kembung sebaiknya kenali dulu penyebabnya. Dengan cara tersebut akan memudahkan kita untuk mengatasi masalah yang sedang di alami oleh bayi.

1. Memijat perut bayi secara perlahan

Ketika si bayi mengalami masalah pada perut seperti kembung anda bisa memakai cara yang pertama yaitu dengan melakukan memijat pada bagian perut si kecil dengan lembut dengan tangan. Dengan cara ini cukup ampuh utnuk membantu mengeluarkan gas yang berlebihan dalam perut bayi.

2. Mmeperhatikan posisi makan dan minum bayi

Cara mengatasi perut kembung pada bayi yang kedua anda bisa melakukan dengan cara memperhatikan posisi makan dan minum si bayi. Jika bayi makan dan minum dengan posisi yang salah makan akan membuat udara lebih banyak masuk melalui mulut menuju ke usus atau lambung.

Posisi makan dan minum bayi yang baik adalah dengan duduk. Jika makan dengan posisi sambil berbaring maka usahakan kepala si bayi lebih tinggi dari posisi perut perut bayi.

Itulah informasi mengenai cara mengatasi perut kembung pada bayi dan anak-anak. Semoga dengan ulasan ini bisa membuat anda sebagai sang ibu untuk selalu mejaga sang buah hati anda agar bisa tetap terjaga dan tidak mengalami perut kembung pada bayi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel